Jumat, 26 Juli 2013

Terjemahan Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab

Arus globalisasi yang semakin cepat mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah penggunaan bahasa. Perbedaan bahasa tidak menjadi batasan lagi agar dapat berhubungan dengan orang lain di negara yang berbeda bahasa. Salah satu bahasa yan cukup banyak dipelajari di Indonesia adalah bahasa arab. Dengan demikian, tentu saja banyak yang melakukan terjemahan bahasa indonesia ke bahasa arab agar kemampuan bahasanya meningkat.

Dalam melakukan penerjemahan dari bahasa indonesia ke bahasa arab tentu saja perlu memperatikan berbagai hal agar hasil terjemahan lebih benar, akurat dan dapat diandalkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.
  1. Siapkan kamus bahasa Arab, Indonesia-Arab maupun Arab-Indonesia. Kamus tersebut dapat berupa kamus yang sudah dicetak, kamus yang terinstal di PC, maupun kamus yang ada di jaringan internet. Walaupun seseorang sudah ahli dalam menerjemahkan, tapi tetap saja kamus sangat dibuthkan, hal ini karena pasti masih ada beberapa kata yang tidak tahu atau tidak yakin dalam terjemahannya.
  2. Istilah-istilah sulit yang diterjemahkan juga perlu diperiksa kembali, salah satu caranya dapat dilakukan dengan menguji istilah tersebut di Google. Tujuannya adalah untuk mengecek bahwa kata tersebut sudah umum digunakan atau masih asing dan untuk mengetahui jika ada padanan istilah lain yang lebih umum untuk digunakan.
  3. Periksa kembali hasil terjemahan, bandingkan dengan naskah awal yang akan diterjemahkan. Hal ini untuk mengetahui apakah hasil terjemahan yang dikerjakan sudah sesuai dengan naskah yang diterjemahkan. Cek juga apakah kalimat yang digunakan sudah sesuai dan mudah untuk dipahami.
  4. Periksa ejaan hasil terjemahan, jangan sampai terjadi kesalahan dalam mengetik. Jika kesalahan ketik cukup banyak, maka hal itu menandakan bahwa orang tersebut kurang teliti, tidak cermat dan terkesan tidak perduli terhadap  hasil karya terjemahannya.
Namun, jika ingin hasil terjemahan bahasa indonesia ke bahasa arab hasilnya bagus dan valid maka dapat meminta bantuan jasa penerjemah bahasa arab. Hal ini karena banyak jasa penerjemah yang memperkerjakan orang yang sudah ahli dalam menerjemahkan. Sehingga, tidak diragukan lagi hasil terjemahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar